Malioboro yang selama ini dikenal di jogja sebagai kawasan wisata belanja kerajinan khas Jogja, wisata kuliner pada malam hari dengan lesehan – lesehan nya dan wisata sejarah karena terdapat beberapa objek bersejarah di sekitar malioboro antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Pasar Beringharjo, Gedung Agung, Benteng Vredeburg, dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUP-ESDM DIY, Muhammad Mansur mengatakan setelah digelar pameran rancangan penataan Malioboro pada bulan November lalu. masyarakat memberikan tanggapan cukup positif untuk penataan wilayah malioboro dan memberikan masukan yang cukup baik untuk rencana pedestrian malioboro kedepannya.

Semua masukan dari dari masyarakat akan diakomodir karena secara substansi tidak ada perubahan hanya ‘pernak-pernik’ nya yang ditambahkan, seperti penambahan tempat sampah, toilet dan lain sebagainya, agar lebih terlihat rapi dan bersih. Sesuai dengan harapan Pemda DIY tentu segala masukan dari masyarakat akan disesuaikan dengan grand desain Malioboro.

Proses penataan Malioboro menjadi kawasan semi pedistrian akan terus berlangsung dengan dilakukan nya penataan lahan parkir untuk roda dua di bagian timur malioboro ke taman parkir portable. Abu Bakar Ali (ABA) di tahun 2016. setelah itu akan dilakukan penataan ‘street furniture’ atau pernak pernik di area sisi timur Malioboro. untuk menambah menarik bagi para pejalan kaki.

Penataan ‘street furniture’ ini antara lain penghalang supaya mobil tidak masuk ke kawasan pedestrian, kursi, tulisan – tulisan aksara jawa dan lain sebagainya. untuk bahan – bahan material yang akan digunakan dipastikan yang terbaik dan masyarakat jogja bisa menilai nanti. selain itu bahan yang digunakan akan sesuai dengan filosofi.

source

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit